Aneka Resep Masakan Keluarga Indonesia Sehari-hari

Resep Stik Cireng Variasi Jajanan Khas Bandung

Resep Stik Cireng Variasi Jajanan Khas Bandung

Resep stik cireng. Jajanan khas masyarakat sunda yang sangat populer di kota Bandung ini hampir selalu ditemukan di antara jenis gorengan lainnya yang dijual penjual gorengan baik di kaki lima maupun di pinggiran jalan. Cireng merupakan aci yang digoreng, tepung aci adalah bahasa sunda yang jenisnya disebut juga dengan tepung tapioka atau tepung kanji. Ciri khas cireng memilki tekstur yang kenyal dan sedikit alot dan umumnya berbentuk bulat pipih yang sedikit merekah, selain itu juga terdapat varian bentuk, aneka sambal dan bumbu sebagai pelengkap hidangannya serta bermacam variasi isi dengan aneka rasa sehingga cireng sudah sangat dikenal saat ini.

Variasi cireng yang menarik untuk kita terapkan sendiri di rumah kali ini adalah berbentuk stick. Cireng sederhana yang enak tetapi diproses dengan panduan cara membuat yang mudah. Kunci atau rahasianya terdapat pada pembuatan adonan biang terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan semua bahan sehingga membuat cireng yang dihasilkan menjadi kenyal, renyah, empuk dan alotnya sangat pas.

Bahan dan bumbu stik cireng :
  • Tepung aci (tapioka/ kanji) = 300 gram
  • Tepung aci = 100 gram untuk taburan (kurang lebih)
  • Daun bawang = 1 batang, iris tipis
  • Minyak goreng = agak banyak untuk menggoreng
  • Bubuk cabai, bubuk balado, bubuk keju atau sesuai selera
Bahan biang :
  • Tepung aci = 100 gram
  • Air bersih = 400 ml
  • Ketumbar = 1 sendok makan, haluskan
  • Bawang putih = 4 siung, haluskan
  • Garam dan kaldu bubuk instan = secukupnya
  • Merica = ½ sendok teh
  • Minyak goreng = 1 sendok makan
Cara membuat stik cireng
Cara membuat stik cireng :
  1. Adonan biang : Dalam sebuah panci kita campurkan 100 gram tepung aci dengan ketumbar dan bawang putih halus, garam, merica, kaldu bubuk serta 1 sendok makan minyak goreng. Kemudian tuang air dan aduk rata. Nyalakan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan warnanya menjadi bening lalu matikan api.
  2. Masukkan irisan daun bawang dan masukkan 300 gram tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu karena masih panas. Setelah cukup hangat baru kemudian adonan diuleni menggunakan tangan sehingga lebih merata, lakukan sampai adonan kalis dan mudah untuk dibentuk.
  3. Ambil sedikit-sedikit adonan lalu pulung bulat memanjang berdiameter 1 cm dan potong-potong dengan panjang 3-4 cm atau sesuai selera. Taburi dengan sedikit tepung aci agar tidak lengket.
  4. Panaskan minyak di atas api kecil tetapi usahakan minyak tidak terlalu panas, sebaiknya matikan dulu apinya bila minyaknya sudah terlalu panas. Bolak-balik agar cireng matang merata, angkat dan tiriskan dari minyak. Bubuhi dengan taburan bumbu bubuk cabai untuk rasa pedas, bubuk balado atau sesuai selera.
  5. Proses menggoreng dengan penggunaan minyak yang terlalu panas membuat cireng menjadi matang tidak merata di bagian dalam dan tidak empuk alias menjadi langsing seperti gambar di bawah ini.
Cara membuat cireng bumbu aneka rasa

Posted by Budi Setiawan, Published at 8:40 AM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...