Aneka Resep Masakan Keluarga Indonesia Sehari-hari

Resep Cara Membuat Cireng Enak Gorengan Bandung

Resep Cara Membuat Cireng Enak Gorengan Bandung

Resep Cireng Bandung Enak. Resep dasar dalam cara membuat cireng bandung kali ini tidak berbeda dengan resep yang digunakan dalam pembuatan stik cireng sebagai variasi bentuknya yang sudah dibagikan sebelumnya. Aci digoreng dengan hasil tekstur sedikit alot dan sedikit kenyal serta matang merata di bagian dalam terlihat cukup mudah akan tetapi sebenarnya seringkali menemukan kendala bagi saya sebagai pemula.

Cireng adalah gorengan enak khas Bandung atau daerah Jawa Barat yang memilki banyak variasi isi maupun  pelengkap hidangannya, seperti isi oncom, sambal kacang, bumbu rujak dan lain sebagainya. Walaupun berbahan sederhana, makanan ini menjadi salah satu andalan kuliner yang sangat diminati. Dari beberapa cara yang pernah dicoba, untuk membuat sendiri di rumah sedikit tips dan trik berikut ini akan menghasilkan cireng yang cukup memuaskan dari segi tekstur dan rasanya.

Bahan dan bumbu cara bikin cireng :
  • Tepung aci = 300 gram
  • Tepung aci = untuk taburannya sekitar 100 gram
  • Daun bawang = 1 batang, iris-iris tipis
  • Minyak goreng = yang banyak untuk menggoreng
Bahan Adonan Biang :
  • Tepung aci = 100 gram
  • Air = 400 ml
  • Garam dan penyedap = sesuai selera
  • Merica = ½ sendok teh
  • Minyak goreng = 1 sendok makan
Haluskan :
  • Ketumbar = 1 sendok makan
  • Bawang putih = 4 siung
Cara Membuat Cireng Bandung
Cara membuat cireng Bandung :
  1. Pertama-tama kita buat adonan biangnya, yaitu dengan menyiapkan sebuah panci, masukkan tepung aci, bumbu halus, garam, merica, penyedap serta sedikit minyak goreng lalu tuang air dan aduk rata. Nyalakan api kecil sambil terus diaduk hingga mengental dan warnanya berubah menjadi bening, matikan api.
  2. Tambahkan irisan daun bawang, aduk sambil masukkan 300 gram tepung aci sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk. Aduk menggunakan sendok kayu terlebih dahulu kecuali tangan anda tahan panas baru kemudian aduk dan uleni menggunakan tangan supaya adonan lebih merata.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih kemudian taburi sedikit dengan sisa tepung aci supaya tidak lengket.
  4. Panaskan minyak dengan menggunakan api kecil, bolak-balik agar cireng matang merata. Angkat dan tiriskan cireng dari minyak lalu sajikan hangat. Menggoreng adonan dengan minyak yang terlalu panas beresiko menghasilkan cireng yang matangnya tidak merata di bagian dalam dan teksturnya menjadi tidak empuk. Oleh karena itu jika dirasa minyak sudah terlalu panas sebaiknya matikan apinya sebentar baru kemudian lanjutkan menggoreng pada adonan berikutnya.

Posted by Budi Setiawan, Published at 1:31 PM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...