Resep Kue Kuping Gajah Yang Enak

Kue kuping gajah adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemui hampir di seluruh nusantara. Kue ini sangat terkenal karena khas dijadikan sebagai suguhan di hari lebaran idul fitri. Selain pada saat idul fitri, kue inipun masih dapat dijumpai di toko camilan karena memang cocok untuk menemani aktivitas didalam rumah seperti menonton televisi atau berkumpul dengan keluarga. Camilan yang enak dan renyah ini memiliki yang unik karena bentuknya yang unik pula. Untuk mendapatkan kue yang renyah diperlukan resep kue kuping gajah yang tepat.
Membuat kue kuping gajah yang enak dan renyah tentu saja membutuhkan resep yang tepat agar hasilnya memuaskan. Dengan mengetahui resep yang tepat, kita bisa membuatnya sendiri di rumah untuk camilan keluarga tanpa perlu membeli di toko yang pastinya rasa kepuasannya akan berbeda. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun harus ditakar dengan tepat agar rasanya menjadi lezat.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kuping gajah
  • Tepung terigu 600 gram
  • Tepung maizena 100 gram
  • Telur 8 buah
  • Gula 200 gram
  • Coklat bubuk 2 sendok makan
  • Vanila 2 sendok teh
  • Garam asin 2 sendok teh
  • Santan kental 400 ml
Ukuran bahan-bahan ini dapat diubah dan disesuaikan dengan seberapa banyak kue yang ingin dibuat. Jika ingin membuat lebih banyak kue kuping gajah, dapat ditambahkan porsi setiap bahannya sesuai dengan ukuran. Begitu pula jika ingin membuat hanya sedikit, cukup dikurangi bahan yang dibutuhkan tersebut. Resep kue kuping gajah dapat digunakan sesuai dengan selera.
resep kue kuping gajah

Cara membuat kue kuping gajah yang enak
  1. Kue kuping gajah merupakan salah satu kue yang mudah dan praktis karena untuk membuatnya tidak diperlukan mixer ataupun oven. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  2. Campurkan telur, gula, vanila, dan garam kedalam wadah dan aduk hingga merata dan mencampur menjadi satu.
  3. Langkah kedua adalah tambahkan tepung terigu dan tepung maizena secara perlahan. Kemudian, campurkan santan secara perlahan dan aduk hingga merata dan pastikan adonannya sampai kalis.
  4. Selanjutnya, ambil kira-kira 1/2 bagian dari adonan tersebut dan pisahkan.
  5. Masukkan coklat bubuk kedalam 1/2 adonan yang telah dipisahkan tersebut dan aduk sampai warnanya merata.
  6. Kemudian, gilas masing-masing adonan dan tumpuk kedua adonan menjadi satu. Lalu, gulung adonan dan dipotong-potong.
  7. Kue kuping gajah siap digoreng dan dinikmati.
Resep kue kuping gajah yang dibuat sendiri tentu akan berasa lebih nikmat karena bisa mengira-ngira bahan yang dibutuhkan. Selain itu, agar tidak bosan dengan warnanya yang hanya itu-itu saja, dapat dibuat variasi lainnya selain coklat. Coklat bubuk dapat diganti dengan pewarna lain agar kue kuping gajah menjadi warna-warni dan terlihat lebih ceria. Selamat mencoba di rumah.

Deskripsi: resep kue kuping gajah mulai dari bahan dan cara pembuatannya cukup mudah. Warnanya juga dapat divariasikan sehingga akan menambah kesan ceria sebagai camilan keluarga.