Resep Kue Pukis Pandan Sedap Dan Nikmat

Resep kue pukis pandan sedap dan nikmat. Makanan tradisional yang tetap eksis hingga sekarang ini ada banyak sekali. Jajanan pasar tersebut tetap bisa bertahan di masa modern ini karena harganya yang masih tetap terjangkau. Selain itu jajanan pasar semacam ini tidak kalah enaknya dengan makanan lainnya seperti donat, cake dan lainnya. Makanan tradisional jajanan pasar itu sendiri ada banyak sekali jenisnya, seperti kue mata sapi, lemper, kue lapis, kue pukis dan sebagainya.
Sekarang kita akan membicarakan mengenai kue yang bertekstur lembut dan manis yap, kue pukis. Kue pukis masih tetap menjadi favorit banyak kalangan, terbukti dengan banyaknya penjual kue pukis yang masih banyak berjualan dipinggir jalan. Saat ini kue pukis mengalami sedikit variasi rasa, termasuk dengan kue pukis. Bagi anda yang tertarik untuk membuat jajanan pasar ini, berikut adalah bahan dan cara untuk membuat kue pukis pandan.
Bahan yang diperlukan
  • 200 ml santan kelapa
  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 20 ml perasan air daun suji
  • 3 sdm margarin
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sendok teh ragi instant
  • ½ sendok teh pasta pandan
Bahan topping
  • Coklat meses
  • Keju parut
resep kue pukis pandan
Cara membuat kue pukis pandan
  1. Pertama yang harus kita lakukan adalah campurkan 150 gram gula pasir dengan 2 butir telur, kemudian mixer hingga kental dan mengembang.
  2. Langkah resep kue pukis pandan selanjutnya adalah masukkan sedikit demi sedikit 150 gram tepung terigu, 3 sdm margarin dan 1 sendok teh ragi instant sambil terus di mixer hingga tercampur dengan sempurna.
  3. Masukkan santan sambil terus diaduk dengan mixer, barulah masukkan pasta pandan dan perasan air daun suji ke dalamnya. Warna hijau akan langsung terlihat setelah ditambahkan dengan daun suji dan pasta pandan tersebut.
  4. Setelah adonan tercampur rata menggunakan mixer, matikan mixer dan siapkan cetakan pukis. Lumuri cetakan pukis ini dengan margarin agar adonan tidak lengket kemudian panaskan. Setelah cetakan panas baru masukkan adonan kue pukis tersebut kedalam cetakan. Jangan sampai penuh karena pukis akan mengembang, beri topping diatasnya dan tutup. Tunggu beberapa menit, dan cek kematangan bagian dalam pukis dengan tusuk gigi. Ketika telah matang sempurna angkat dan sajikan.
baca: resep kue lapis yang kenyal dan lembut
Ternyata mudah sekali bukan bahan serta resep kue pukis pandan ini. Jajanan tradisional ini sangat pas disajikan selagi hangat, dan pas untuk menemani sore anda bersama keluarga. Kue yang lembut berpadu dengan aroma pandan yang harum, diiringi pula dengan topping yang nikmat akan menyempurnakan jajanan tradisional pukis ini. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Tidak perlu ragu lagi segera buat jajanan sehat dan enak ini, selamat mencoba. 

Deskripsi : resep kue pukis pandan adalah resep jajanan tradisional yang telah ada sejak dulu dan sekarang hadir dengan variasi baru dan lebih enak.