Resep Kue Lapis Tepung Terigu Asli Dapur Nenek

Resep kue lapis tepung terigu asli dapur nenek. Negeri kita Indonesia, memang dikenal dengan keragamannya yang begitu banyak dari Sabang sampai Merauke. Keragaman ini bukan hanya dari suku bahasa saja tetapi dari segi cita rasa makanannya. Hampir seluruh wilayah di tanah air ini memiliki makanan khas yang berbeda. Ada banyak jenis kuliner baik itu makanan berat maupun makanan ringan. kali ini kita akan mengupas mengenai makanan ringan. makanan ringan dalam Jawa biasa juga dikenal dengan nama jajanan.
Jajanan pasar ini merupakan sebuah makan yang biasanya sangat mudah ditemukan di pasar tradisional Jawa. Jajanan pasar pun ada beragam sekali mulai dari mata sapi, lemper, kue lapis, dan masih banyak lagi. Umumnya harga dari jajanan pasar ini relatif murah. Termasuk dengan jajanan pasar kue lapis terigu ini. Bukan hanya harganya yang murah meriah, tetapi cara mudah membuat kue lapis tepung terigu ini. Dan berikut ini bahan serta cara membuatnya untuk anda.
Bahan untuk kue lapis tepung terigu
  • Tepung terigu 500 gram
  • Santan 850 ml
  • Gula pasir ½ gelas belimbing
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun pandan
  • Pewarna makanan (merah dan hijau)
resep kue lapis tepung terigu
Cara membuat kue lapis tepung terigu
  1. Langkah pertama untuk membuat resep kue lapis tepung terigu ini adalah didihkan santan, garam, gula pasir dan daun pandan hingga mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Ambil daun pandan dari dalam santan dan masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu sambil terus diaduk agar tepung tidak menggumpal. Terus aduk hingga tercampur sempurna.
  3. Setelah itu bagi adonan menjadi tiga bagian dan beri pewarna makanan pada setiap adonan dengan warna yang berbeda. Satu merah, satu hijau dan satu lagi biarkan warnanya putih.
  4. Siapkan pengukus dan loyang, tuangkan adonan berwarna merah kira kita setengah cangkir, kemudian kukus selama 3 hingga 4 menit. Buka tutup pengukus dan masukkan kembali setengah cangkir adonan warna putih tunggu juga selama 3 hingga 4 menit dan dilanjutkan dengan adonan warna hijau. Lakukan cara ini secara berulang hingga semua adonan habis.
  5. Setelah semua adonan habis, kukus selama 10 menit angkat dan dinginkan.
Ketika kue lapis tepung terigu ini telah dingin, kita hanya perlu mengeluarkan kue lapis dari loyang dan potong sesuai selera yang diinginkan. Kue lapispun siap disajikan, jajanan pasar yang cantik dan manis ini sangat pas sebagai teman di sore hari ditemani dengan teh hangat. Setelah anda membaca resep kue lapis tepung terigu tadi pasti saat ini anda ingin mencoba membuatnya di rumah bukan. Selain cara membuatnya yang mudah dan tidak memerlukan oven, bahan yang dipergunakan juga mudah sekali didapatkan. Jadi apalagi yang anda tunggu, segera buat dan selamat mencoba. Terima kasih telah membaca. 

Deskripsi : resep kue lapis tepung terigu merupakan salah satu makanan tradisional yang mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak.