Resep Bolu Karamel Kukus Lembut Empuk dan Mudah

Resep Bolu Karamel Kukus Yang Lembut. Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan berbagai macam kue tradisional. Apabila anda pergi ke pasar maka anda pasti akan melihat banyak sekali jenis kue jajanan pasar. Salah satu jenis kue jajanan pasar yang paling umum adalah bolu karamel. Jenis bolu yang satu ini memang sangat terkenal karena selain rasanya yang enak cara membuatnya juga sangat mudah. Tanpa berlama lama lagi disini saya akan jelaskan resep bolu karamel yang enak dan lembut untuk anda.

Bahan yang Anda Butuhkan
  • 300 gram tepung terigu (akan lebih baik jika diayak terlebih dahulu)
  • 100 gram tepung maizena
  • 650 gram gula pasir
  • 2 sendok teh soda kue
  • 300 gram mentega
  • 400 mili susu kental manis
  • 600 mili air panas
  • 12 telur ayam
resep bolu karamel

Cara membuat Bolu Kukus Karamel

Hal pertama yang harus anda lakukan dalam resep bolu karamel adalah memasak gula diatas wajan. Jangan gunakan api besar tetapi anda cukup menggunakan api kecil. Jika anda menggunakan api besar maka akan membuat hasilnya gosong dan gula tidak menjadi karamel dengan baik. Tetapi jika anda menggunakan api sedang gula akan meleleh dengan sempurna. Bolu karamel yang enak itu sangat dipengaruhi oleh kualitas karamel yang anda buat. Jika karamel yang anda buat sudah terlihat berwarna coklat maka masukkan air panas dan biarkan hingga mendidih. Lalu anda bisa angkat karamel tersebut dan dinginkan. Langkah selanjutnya perhatikan dibawah ini.
  1. Selanjutnya anda siapkan wadah dan masukan mentega yang sudah anda siapkan campur mentega tersebut dengan gula dan juga susu kental manis. Mixer hingga benar benar merata
  2. Tambahkan tepung terigu secara perlahan sambil mixer dengan kecepatan sedang. Jika tepung sudah selesai dimasukan dilanjutkan dengan memasukkan soda kue. Mixer kembali adonan sambil memasukkan tepung maizena
  3. Masukkan karamel yang sudah anda buat kedalam adonan. Mixer hingga merata kurang lebih 5 menit
  4. Siapkan tempat untuk mengukus adonan
  5. Loyang yang akan digunakan harus diberi tepung terlebih dahulu agar hasilnya tidak lengket
  6. Masukkan adonan kedalam loyang dan kukus selama 50 menit
  7. Bau harum itu sebuah pertanda jika bolu sudah matang
  8. Angkat bolu dari panci kukus
  9. Diamkan agar dingin
  10. Potong sesuai selera

baca: resep dan cara membuat bolu kukus yang mekar enak dan empuk

Selain dimakan sendiri bolu kukus yang satu ini bisa anda juga jadikan oleh oleh untuk keluarga yang datang ke rumah anda. Pastinya mereka akan senang bisa ikut menikmati bolu yang enak. Bagi anda yang suka bisnis tidak ada salahnya mencoba bisnis bolu. Karena kue bolu jenis ini sangat terkenal dan banyak yang ingin membelinya. Semoga resep bolu karamel ini bermanfaat untuk anda.

Deskripsi: resep bolu karamel yang enak itu salah satu kuncinya adalah dengan membuat karamel yang pas dan tidak gosong. Jika karamel yang dibuat bagus maka hasilnya juga akan lezat.