Resep Cara Membuat Nasi Uduk Enak dan Gurih

Resep Cara Membuat Nasi Uduk Enak dan Gurih. Orang Asia khususnya Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Namun terkadang, nasi yang rasanya seperti itu saja membuat bosan. Oleh karena itu ada yang disebut dengan nasi uduk. Nasi uduk adalah nasi yang berasa gurih. Biasanya nasi uduk disajikan ketika ada acara atau hari-hari khusus. Namun, anda bisa membuatnya meski tidak ada perayaan khusus sekedar untuk selingan agar tidak bosan dengan nasi biasa. Berikut akan diberikan resep nasi uduk mudah yang dimasak dengan rice cooker agar tidak repot.
Bahan-Bahan
  • Tiga cangkir beras putih, lalu cuci sampai bersih
  • Dua lembar daun salam segar, cuci sampai bersih
  • Dua batang sereh, cuci sampai bersih
  • Satu sendok teh garam bubuk
  • Dua ratus mililiter santan kental yang diambil dari 1 butir kelapa, atau juga bisa diganti dengan santan kara
  • Air secukupnya
nasi uduk enak dan gurih

Cara Cara Membuat Nasi Uduk Enak dan Gurih Sederhana:
  1. Masukkan beras yang sudah disiapkan ke dalam rice cooker.
  2. Tambahkan santan dan air secukupnya. Takaran yang digunakan sama seperti ketika anda memasak nasi biasa di rice cooker. Setelah itu tambahkan garam, sereh, dan salam. Aduk sampai rata.
  3. Nyalakan rice cookernya. Lalu kira-kira sekitar dua puluh menit atau ketika beras sudah seperempat matang, buka tutup rice cooker dan aduk nasinya, tutup lagi.
  4. Ketika rice cooker sudah menunjukkan tanda bahwa nasi makan, aduk lagi nasinya supaya pulen. Nasi uduk siap dihidangkan.
Resep nasi uduk di atas hanya bisa digunakan jika anda memasak menggunakan rice cooker. Adapun cara lain memasak nasi uduk adalah dengan cara tradisional yang tidak perlu ditanya lagi pasti lebih merepotkan. Cara tradisional memasak nasi uduk juga membutuhkan lebih banyak peralatan dan memakan waktu lebih lama. Nasi uduk cocok dihidangkan dengan ayam goreng, sambal, dan lalapan. Ayam goreng kremes, tempe goreng kering, dan taburan bawang goreng juga cocok menemani nasi uduk. Hidangkan selagi hangat dan makan bersama keluarga atu teman-teman, maka rasa nasi udukpun menjadi lebih nikmat.